CARA MUDAH MENGEDIT (memotong, menggabungkan, memodifikasi) FILE AUDIO HASIL REKAMAN SENDIRI yang berformat MP3, WAV & AMR

بسم الله الرحمن الرحي

Sedikit berbeda dari postingan-postingan lainnya, kami tampilkan kali ini  rekomendasi berbagai Software Gratis Edit Audio (mp3, wma, wav, ogg) Jika kita memerlukan konversi file audio sudah begitu banyak software gratis yang bisa dipakai (audio converter). Tetapi bagaimana halnya dengan software untuk mengedit audio seperti MP3, OGG, WAV dan WMA ? Ternyata juga tidak kalah banyak. Berikut berbagai software gratis dan open source yang dapat kita gunakan untuk mengedit, merekam, menggabung dan menambah berbagai efek file audio.

Audacity

Software Open source ini cukup populer karena mungkin merupakan software opensource terlengkap. Audacity mampu merekam live audio atau dari microphine, meng-edit (cut, copy, paste) berbagai format audio, seperti OGG, MP3, WAV, AIFF, menambahkan berbagai effek, mengubah kualitas audio, dan juga berbagai fitur lainnya termasuk dukungan terhadap plugins. audacity-mp3 cutter Audacity tersedia untuk platform Windows, Mac OS X, dan GNU/Linux, dengan ukuran sekitar 4.1 MB.

WavePad Sound File Editor

WavePad dapat digunakan untuk mengedit berbagai format audio seperti wav, mp3, vox, gsm, real audio, au, aif, flac ogg dan lainnya. Selain fitur standard (cut,copy,paste), berbagai fitur tersedia, seperti audio effect, batch convert, analysis, merekam audio, mendukung mono atau stereo, dan berbagai fitur lainnya. wavepad-wav cutter audio WavePad dapat berjalan di sistem operasi Windows 95/NT4/98/2000/Me/XP/2003/Vista atau sesudahnya, Mac OS X 10.2 keatas, dan dapat berjalan di Linux dengan WINE. Ukuran Installasi windows hanya sekitar 459 KB dan 1 MB untuk Mac.

 Wavosaur

Wavosaur merupakan editor audio wav dan mp3, juga untuk memproses dan merekam audio. Fitur standard seperti cut, copy, paste tersedia. Termasuk fitur analyze, audio loops dan batch convert. Wavosaur juga mendukung VST plugins, ASIO driver, multichannel files dan real time effect processing.

wavesour-audio cutter

Selain berbagai fitur diatas, wavosaur juga mempunyai berbagai fitur lainnya seperti resample, interpolate, konversi bit-depth dan lainnya. Salah satu kemudahan software ini mungkin aplikasinya yg tidak perlu di install ( juga tidak menambah isi registry windows), ukuran yang cukup kecil (file exe 540 KB, dalam zip/download hanya sekitar 220 KB). Wavosaur berjalan di Win98/XP/Vista.

Free Audio Editor 2009 (FAE 2009)

Free Audio Editor tampil dengan skin Ribbon ( seperti office 2007), dengan kemampuan merekam maupun mengedit file audio/sound. Format yang didukung adalah mp3, wma, wav dan ogg. Seperti software lainnya FAE 2009 juga dilengkapi dengan audio effect, noise reduction, batch processing, CD ripper dan lainnya.

fae-2009-audio cutter

Mungkin karena tampilannya yang menggunakan skin ribbon, maka ukuran installasi FAE 2009 sekitar 13.9 MB. Lebih besar dibanding yang lainnya.

Power Sound Editor Free

Power Sound Editor tampilannya mirip FAE 2009 sebelumnya dan mengusung fitur yang hampir sama juga. Seperti Merekam audio baik dari microphone atau aplikasi yang berjalan, mengedit dengan fitur standard, menggabung dengan file lain, menambah effek yang berbeda, Juga rip audio dan Burn audio ke CD.

free-sound-editor-audio cutter

Power Sound editor mendukung format MPEG (MP3, MP2), WAV, Windows Media Audio (WMA) , Ogg Vorbis, Audio Tracks dan Dialogic VOX. Ukurannya hampir sama dengan FAE 2009 sekitar 13.6 MB.

Sepertinya Antara Free Audio Editor 2009 dan Power Sound Editor merupakan software yang sama (minimal mirip), selain keduanya terdapat software lainnya yang juga mirip di http://www.music-editor.net.

Mp3DirectCut

Software ini seperti namanya, di design khusus untuk mengedit ( memotong file audio mp3). Karena kekhususan ini, maka Mp3DirectCut dapat bekerja sangat cepat (dibanding program lainnya). Fiturnya seperti : cut, copy, paste, mengubah volume, fade, normaliasai, merekam audio, trim, crop, VU meter, bit rate visualisation dan lainnya.

mp3directcut-audio cutter

Ukuran installasi software ini cukup kecil, hanya sekitar 190 KB dan sistem yang diperlukan pun cukup ringan yaitu : CPU 300 MHz, Windows atau Linux ( dengan Wine), mp3 ACM codec (sudah disertakan di windows XP/Vista) atau mpglib.dll dan Untuk merekam diperlukan encoding ACM atau Lame encoder.

Traverso DAW

Tranverso DAW merupakan software Open Source yang bisa berjalan di Windows, LInux dan Mac OS. Dengan fitur multitrack audio recording dan kemampuan editing, Unlimited undo/redo, Konversi sample rate, Multiple driver backends, Lockless realtime audio processing ( untuk menghindari proses perekaman yang terpotong), integrasi dengan CD burning dan lainnya.

transverso-small-audio cutter

Salah satu keunggulan tranverso adalah Multitrack audio recorder, sehingga mampu menambahkan jumlah track yang hampir tak terbatas. Ukuran file installer untuk windows sekitar 6.43 MB dengan lisensi GPL (open source).

Untuk Daftar yang lebih lengkap, bisa melihat artikel berikut 25 Free Digital Audio Editors You Should Know

Sumber : ebsoft.web.id re-post khusus untuk ISLAMIC ZONE https://thibbalummah.wordpress.com/

Baca Juga Artikel terkait :

Tentang Admin

ALAMAT ADMIN : Jln. Letjend. Jamin Ginting KM.8 Gg.Gembira Bawah (Padang Bulan) Kwala Bekala - Medan Johor. Medan-Sumatera Utara e-mail : abujundi5medan@gmail.com
Tulisan ini dipublikasikan di Free Download, INFORMASI PENTING!, IT - Informasi Teknologi, TIPS dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.