[Info Thibbun Nabawi] SARAN & ANJURAN BAGI ORANG YANG AKAN BERBEKAM


بسم الله الرحمن الرحيم

Agar berbekam bisa mendatang manfaat yang maksimal hasilnya, maka sebaiknya orang yang akan mengamalkan sunnah pengobatan bekam perlu mengetahui beberahal informasi di wah ini.

Anjuran untuk orang sebelum berbekam diantaranya adalah:

– KOSONGKAN PERUT SEKITAR 2 – 5 JAM.
– TIDAK BOLEH TERLALU LAPAR/KENYANG.
– PERBANYAK MINUM, TERUTAMA MANIS DAN HANGAT, MISAL MINUM MADU ATAU SUSU, KECUALI ADA PANTANGAN KARENA ADA PENYAKIT TERTENTU SEPERTI DIABETES.
– TIDAK BOLEH TERLALU LELAH/CAPAI.
– SEBAIKNYA DIHINDARI PEMBEKAMAN LANGSUNG SESUDAH MANDI AIR DINGIN
– DIANJURKAN SEBELUM BEKAM MANDI AIR HANGAT
– LEBIH BAIK JIKA SEHARI SEBELUMNYA TIDAK BERHUBUNGAN SUAMI-ISTRI.
– TERBUKA MENYAMPAIKAN SEMUA KELUHAN ATAU SAKIT YANG DIRASAKAN AGAR HAJJAM (PENGHIJAMAH) DAPAT MENENTUKAN DENGAN TEPAT JENIS PENYAKITNYA. LEBIH BAIK LAGI KALAU ADA CATATAN MEDIS DARI DOKTER/ PUSKESMAS/RUMAH SAKIT.
– BERNIAT MENGAMALKAN SUNNAH RASULULLAH ~sholallahu ‘alaihi wa sallam~ DALAM HAL PENGOBATAN.

Dan setelah berbekam dianjurkan:

– MINUM AIR MANIS, KECUALI BAGI YANG TERKENA DIABETES, LEBIH BAIK LAGI MERUPAKAN CAMPURAN AIR PUTIH, MADU, SUSU DAN HABBATUS SAUDA’.
– DIANJURKAN MANDI AIR HANGAT.
– BOLEH MAKAN KURANG LEBIH 1 JAM SESUDAH BEKAM, DENGAN MENGHINDARI MAKANAN DINGIN, ASIN, PEDAS DAN ASAM, BOLEH MAKAN MAKANAN KECIL/SEDIKIT.
– JANGAN LANGSUNG BEKERJA KERAS.
– ISTIRAHAT SECUKUPNYA, LEBIH BAIK LAGI TIDUR.
– MENGHINDARI BERJIMA’ SEBAIKNYA SELAMA SEHARI SETELAH DIBEKAM.
– MENGKONSUMSI HERBAL UNTUK KESEHATAN.

tanya : Kenapa setelah dan sebelum membekam pasien dianjurkan mandi air hangat ?

Berikut ini kami beritahukan kenapa mandi air hangat sangat dianjurkan sebelum dan setelah proses pembekaman. Diantaranya:

1. MEMBERSIHKAN BADAN
Air hangat lebih ampuh mengangkat kelebihan minyak dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Tidak hanya terasa lebih segar, kulit juga akan menjadi leih sehat ketika permukaannya bersih dari minyak dan kotoran.

2. MELANCARKAN PEREDARAN DARAH
Saat berendam di air hangat, peredaran darah di akan menjadi lebih lancar. Tidak hanya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, peredaran darah yang lancar juga menstabilkan pengaturan suhu tubuh sehingga tidak mudah masuk angin.

3. MEMBUKA PORI-PORI KULIT
Air hangat akan membuka pori-pori kulit. Dikarenakan proses yang alamiah terjadi pada kulit ketika berada dalam temperatur yang di atas normal akan membuka pori-pori, dimana proses oksidasi (penyerapan oksigen) akan terjadi.

Sumber: dari pengalaman praktisi bekam selama bertahun-tahun, di posting untuk ISLAMIC ZONE https://thibbalummah.wordpress.com/

Tentang Admin

ALAMAT ADMIN : Jln. Letjend. Jamin Ginting KM.8 Gg.Gembira Bawah (Padang Bulan) Kwala Bekala - Medan Johor. Medan-Sumatera Utara e-mail : abujundi5medan@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Pengobatan Nabawi, Terapi Bekam dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.