PERINGATAN UNTUK BERHATI-HATI BAGI PARA PEKURBAN; Ini Dia Ciri-ciri Hewan Kurban Terkena Anthrax !

بسم الله الرحمن الرحيم

Jakarta – Menjelang Hari Raya Idul Adha, hewan-hewan kurban laris manis diburu. Namun masyarakat harus mengenali betul ciri-ciri hewan kurban yang berpenyakit seperti anthrax.

“Sakit demam tinggi, gemetaran, sulit bernafas, dan sempoyongan,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan DKI Jakarta Ipih Ruhyani ketika dihubungi wartawan, Senin (24/10/2011).

Menurut Ipih, hewan kurban yang akan masuk ke Jakarta harus bersertifikat sehat. Jika saat di penampungan ditemukan tanda-tanda hewan kurban terkena anthrax maka hewan itu tidak boleh dipotong dan harus diisolasi serta diobservasi.


Bahkan, hewan-hewan kurban juga akan diperiksa pada H-10 hingga H-3. Pemeriksaan dilakukan oleh 690 petugas yang terdiri dari berbagai kalangan di Jakarta.

Tidak sampai di situ saja, Ipih menuturkan, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan daging hewan kurban setelah dipotong. “Jadi kita pantau saat hewan masih hidup dan setelah dipotong sehingga aman sampai ke masyarakat,” katanya.

Ipih berharap, tempat penampungan hewan akan berkurang. Hal ini untuk memudahkan pemeriksaan.

“Kita harap tempat penampungan lebih terpusat di beberapa titik saja, agar memudahkan pemeriksaan,” imbuh Ipih.

Sementara itu, kebutuhan hewan kurban tahun ini yakni sapi 8 ribu, kerbau 200 ekor, kambing 30 ribu ekor, dan domba 1.500 ekor. Hewan kurban itu didatangkan antara lain dari Ponorogo, Madiun, Lumajang, Purwokerto, Tegal, Wonosari, Sukabumi, Bogor, dan Cirebon.

Sumber: (nik/vit) | detikNews

Tentang Admin

ALAMAT ADMIN : Jln. Letjend. Jamin Ginting KM.8 Gg.Gembira Bawah (Padang Bulan) Kwala Bekala - Medan Johor. Medan-Sumatera Utara e-mail : abujundi5medan@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di INFORMASI PENTING!, Realita Ummat dan tag , , , . Tandai permalink.