10 TANDA KANKER PARU-PARU YANG HARUS DICURIGAI

…Kanker paru-paru menjadi kanker penyebab kematian terbesar saat ini yang menimpa pria maupun wanita. Seseorang yang datang ke dokter dengan penyakit ini biasanya sudah dalam stadium lanjut. Waspadalah, siapa tahu tanda-tandanya ada pada diri Anda. Menurut World Health Organization (WHO), kanker paru merupakan penyebab kematian utama dalam kelompok kanker baik pada pria maupun wanita.

Sebagian besar kanker paru-paru berasal dari sel-sel di dalam paru-paru tetapi kanker paru-paru bisa juga berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke paru-paru. Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita. Semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar risiko untuk menderita kanker paru-paru.

Hanya sebagian kecil kanker paru-paru (sekitar 10%-15% pada pria dan 5% pada wanita) yang disebabkan oleh zat yang ditemui atau terhirup di tempat bekerja. Bekerja terkena paparan asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru, meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok.

Menghirup asap hasil memasak juga bisa menyebabkan kanker paru-paru, terlebih bila dalam jangka waktu lama *). Begitu juga halnya dengan para perokok pasif. Lalu bagaimana caranya mengetahui Anda terkena penyakit kanker paru-paru atau tidak? Kenali gejala-gejalanya sebelum berobat ke dokter. Dikutip dari Health, Kamis (20/8/2009).

Ini dia 10 tanda yang patut dicurigai sebagai kanker paru-paru:

1. Batuk yang terus menerus
2. Sakit dada yang nyeri dan dalam ketika batuk atau tertawa
3. Nafas pendek dan bengek seperti orang asma
4. Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak
5. Sering mengalami infeksi yang berulang, seperti radang paru dan bronkitis
6. Suara serak/parau.
7. Ujung jari membesar dan terasa sakit
8. Berat badan menurun dan kehilangan nafsu makan
9. Pertumbuhan dada yang tidak normal pada laki-laki
10. Emosi yang tidak stabil, mood berubah-ubah, lesu, depresi

Menurut para peneliti dari Denmark, kebanyakan kanker paru-paru menyebar ke otak. Studi terhadap 4.320.623 juga dilakukan untuk mengetahui penanganan kanker yang tepat. Dalam studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer, para peneliti menyebutkan bahwa para penderita umumnya terdiagnosa menderita penyakit kanker setelah pergi ke psikiater. Hal ini dikarenakan tanda-tandanya yang samar-samar dan sering diabaikan oleh seseorang. “Studi ini menunjukkan bahwa pemeriksaan psikologis sangat penting dalam rangkaian pemeriksaan secara keseluruhan penyakit,” ujar Michael E. Benros, MD.

Oleh Nurul Ulfah – detikHealth
Sumber: http://www.ilunifk83.com/t260p180-kesehatan-paru

Berikut ini 10 bidang pekerjaan yang dapat berisiko bagi kesehatan paru-paru seseorang:

1. Konstruksi
Pekerja bisa menghirup debu dari kegiatan pembongkaran atau renovasi yang berisiko terkena kanker paru-paru, mesothelioma dan asbestos, yaitu suatu penyakit yang menyebabkan jaringan parut dan kaku di paru-paru. Untuk itu diperlukan pakaian pelindung termasuk respirator (masker khusus) saat bekerja di sekitar bangunan dan menghindari rokok.

2. Manufaktur
Pekerja pabrik bisa terkena debu, bahan kimia dan juga gas yang dapat meningkatkan risiko PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik). Bahan kimia tertentu seperti perasa diacetyl yang digunakan dalam microwave popcorn, pabrik anggur dan makanan bisa menyebabkan penyakit yang merusak yaitu bronchiolitis obliterans. Langkah sederhana seperti memakai masker saat menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya bisa mengurangi risiko.

3. Petugas kesehatan
Diperkirakan sekitar 8-12 persen petugas kesehatan sangat sensitif dengan bubuk yang ada pada sarung tangan lateks, sehingga bisa menyebabkan reaksi asma berat atau memicu timbulnya alergi.

4. Tekstil
Byssinosis atau dikenal dengan nama penyakit paru-paru coklat adalah kondisi yang umum diantara pekerja tekstil yang membuat jok, handuk, kaus kaki, seprai dan pakaian. Ketika kapas dipisahkan akan menciptakan sejumlah debu yang menyebabkan kerusakan aliran udara yang signifikan, partikel ini juga ada dari bahan lain. Untuk menguranginya gunakan masker, meningkatkan ventilasi udara dan menghindari rokok.

5. Bartender
Melayani minuman di sebuah ruangan yang penuh asap rokok menempatkan bartender berisiko tinggi terhadap penyakit paru-paru, terutama jika secara teratur terpapar dan menjadi perokok pasif bertahun-tahun.

6. Pekerja pabrik roti
Pekerjaan ini bisa memicu asma karena berisiko terkena debu tepung yang sangat signifikan mengembangkan sensitisasi alergi. Hal umum lainnya adalah reaksi asma untuk enzim yang digunakan dalam mengubah adonan, serta alergen lain yang sering ditemukan pada tepung.

7. Industri otomotif
Pekerja otomotif khususnya bagian yang memperbaiki body mobil sangat berisiko mengalami asma. Hal ini karena produk cat semprot seperti isocyanate dan polyurethane bisa menimbulkan iritasi kulit, alergi, sesak napas dan menyebabkan kesulitan bernapas yang parah. Penggunaan respirator, sarung tangan, kacamata dan ventilasi yang baik dapat sangat membantu.

8. Pekerja transportasi
Supir truk, angkutan umum dan orang-orang yang bertugas di bagian bongkar muat berisiko terkena PPOK. Kondisi ini akibat seringnya terkena polusi udara dari kendaraan bermotor terutama knalpot diesel.

9. Pertambangan
Para penambang berisiko tinggi terhadap sejumlah penyakit paru-paru seperti PPOK (akibat paparan debu) dan juga silicosis (penyakit bekas luka di paru-paru akibat airbone silica). Sedangkan penambang batu bara berisiko terkena penyakit paru yang disebut pneumokoniosis (paru-paru hitam). Penyakit ini merupakan investasi jangka panjang, karenanya penggunaan masker yang bisa menyaring debu dengan baik bisa membantu.

10. Petugas pemadam kebakaran
Petugas pemadam kebakaran berisiko menghirup asap dan berbagai bahan kimia yang mungkin ada di dalam gedung yang terbakar. Paparan bahan beracun dan asbes adalah risiko yang sering terjadi setelah api padam. Untuk itu alat pelindung pernapasan harus selalu digunakan pada semua tahap pemadaman kebarakan, termasuk saat petugas menyisir puing-puing untuk memastikan api tidak menyala lagi.
*) Termasuk dalam hal ini pekerjaan yang tidak dapat menghindari dari menghirup asap hasil memasak (menggunakan tungku, kayu bakar, arang, dll) juga bisa menyebabkan kanker paru-paru, terlebih bila dalam jangka waktu lama.

Sumber: klinikbekamsurabaya.com/?Artikel_Kesehatan:10_PEKERJAAN_YANG_MEMBAHAYAKAN_KESEHATAN_PARU-PARU

Solusi Terapi Alami & Aman Yang direkomendasikan:

1. HERBAL
Mengkonsumsi herbal obat alami yang tanpa efek samping kimia sintetik, seperti;
– ekstrak buah manggis yang banyak manfaatnya dan berkhasiat untuk mengobati/menyembuhkan gejala penyakit kanker paru-paru.
– Buah sirsak. Hasil Test dari ekstrak (sari) buah ini adalah secara effektive memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 type kanker yang berbeda, diantaranya:
* Kanker Usus Besar
* Kanker Payu Dara
* Kanker Prostat
* Kanker Paru-paru
* Kanker Pankreas.

Berdasarkan data dan hasil penelitian, daya kerja zat anti kanker di dalam tanaman sirsak adalah 10.000 kali lebih kuat dalam membunuh dan memperlambat pertumbuhan sel kanker secara alami dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo yang biasa digunakan. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selective hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel-sel sehat.

Beberapa peneliti di Health Sciences Institute mengakui jika buah sirsak memberikan efek anti tumor/kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker.

2. BEKAM / AL-HIJAAMAH / Oxidant Drainage Therapy (ODT)

Melakukan bekam secara rutin setidaknya sebulan sekali sebagai tindakan preventif (pencegahan).
KLIK LINK INI UNTUK MENGENAL SELUK BELUK TENTANG BEKAM

Tentang Admin

ALAMAT ADMIN : Jln. Letjend. Jamin Ginting KM.8 Gg.Gembira Bawah (Padang Bulan) Kwala Bekala - Medan Johor. Medan-Sumatera Utara e-mail : abujundi5medan@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Artikel Kesehatan, INFORMASI PENTING!, Kesehatan Umum, kONSUTASI Kesehatan, Tanda-Tanda Penyakit dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke 10 TANDA KANKER PARU-PARU YANG HARUS DICURIGAI

  1. Bekam Bulungan berkata:

    artikel yg bagus..syukron

  2. fitrismd berkata:

    Syukron ustadz atas artikelnya, ada satu pertanyaan nih, kalo pas kerja/masak yang berasap2 pake masker apa bisa membantu mencegah atau hanya mengurangi efek asapnya saja?

  3. Berbekam dpt mencegah dan menyembuhkan penyakit dlm masa yg singkat insyaallah.Amalan berbekam dpt mengelakkan diri dari dihinggapi penyakit & dpt menjaga kesihatan badan utk beribadah.

  4. prio bintoro berkata:

    Assalamu’alaiqum
    Izin share
    Wassalamu’alaiqum

Komentar ditutup.