MASIHKAH ANDA RAGU DENGAN MU’JIZAT PENGOBATAN NABI; BEKAM? | “Dan tiada yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapan itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan” (QS.an-Najm:3-4)

BERIKUT INI ADALAH SEBAGIAN DIANTARA HADITS-HADITS (DALIL) DI SYARI’ATKANNYA PENGOBATAN BEKAM

1. Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda :

“Tidak lah Allah SWT menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia turunkan pulapenyembuhnya.” (HR.Al-Bukhari dan Ibnu Majah).

2. Rasulullah SAW juga bersabda :

“Obat/kesembuhan itu (antara lain) dalam tiga (cara pengobatan), yaitu: minum madu, berbekam dan dengan kay, namun aku melarang umatku dari kay.” (HR.Al-Bukhari no. 5681).

3. Rasulullah SAW juga bersabda :

“Pada malam aku diisro’kan, aku tidak berlalu dihadapan para malaikat, kecuali mereka itu mengatakan, Wahai Muhammad perintahkan umat mu supaya berbekam” (HR.Ibnu Majjah no. 5671).

4. Dalam Hadits lainnya, Rasulullah SAW juga bersabda :

“Jika terdapat kebaikan dalam pengobatan yang kalian lakukan, maka itu adalah berbekam” (HR.Abu Dawud, II/731).

5. Rasulullah SAW juga bersabda :

“Jibril mengabarkan kepada ku, bahwa bekam merupakan cara pengobatan paling bermanfaat yang digunakan oleh manusia.” (Shohihu ‘l-jami, 218)

6. Dalam Hadits lain Rasulullah bersabda :

“Barang siapa berbekam pada tanggal 17, 19, 21, maka itu akan dapat menyembuhkan segala macam penyakit” (HR.Tirmidzi, II/204).

7. Rasulullah Saw. bersabda :

“Kamu sekalian hendaklah berbekam pada tengah Qomahduwwah, maka akan dapat menyembuhkan 72 penyakit” (Shohih Ibnu Majjah No.3478).

DAN BEBERAPA HADITS TENTANG BEKAM YANG LAINNYA:

8. “Bekam (Al-Hijamah) juga dapat menambah kecerdasan, kekuatan berfikir dan menambah hafalan bagi orang-orang yang menghafal”. (HR.Ibnu Majah, shahih).

9. Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika ada suatu kesembuhan pada obat-obat kalian maka hal itu ada pada sayatan alat bekam.” Beliau bersabda: “Atau tegukkan madu.” (Kitab Kasyful Astaar ‘an Zawaa-idil Bazar,karya al-Haitsami, III/388).

10. Dari Ibnu Abbas RA, Nabi SAW bersabda: “Orang yang paling baik adalah seorang tukang bekam (Al Hajjam) karena ia mengeluarkan darah kotor, meringankan otot kaku dan mempertajam pandangan mata orang yang dibekamnya.” (HR.Tirmidzi, hasan gharib).

11. Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah berbekam (Shahih Sunan Ibnu Majah, karya Syaikh Al-Albani (II/259), Shahih Sunan Abu Dawud, karya Syaikh Al-Albani (II/731)).

12. Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: “Kalian harus berbekam dan menggunakan al-qusthul bahri.” (HR.Bukhari, Muslim, Ahmad, dan an-Nasai dalam kitab as-Sunan al-Kubra no. 7581).

13. Dari Abdullah bin Mas’ud RA, dia berkata: “Rasulullah SAW pernah menyampaikan sebuah hadits tentang malam dimana beliau diperjalankan bahwa beliau tidak melewati sejumlah malaikat melainkan mereka semua menyuruh beliau SAW dengan mengatakan: ‘Perintahkanlah umatmu untuk berbekam’.” (Shahih Sunan at-Tirmidzi, Syaikh al-Albani (II/20), hasan gharib).

14. Pada malam aku di-isra’kan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata: “Wahai Muhammad suruhlah umatmu melakukan bekam.” (HR.Sunan Abu Daud, Ibnu Majah, Shahih Jami’us Shaghir 2/731)

15. Dari Ibnu ‘Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah aku berjalan melewati segolongan malaikat pada malam aku diisra’kan, melainkan mereka semua mengatakan kepadaku: ‘Wahai Muhammad, engkau harus berbekam’.” (Shahih Sunan Ibnu Majah, Syaikh al-Albani (II/259))

16. Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah aku melewati satu dari langit-langit yang ada melainkan para malaikat mengatakan: ‘Hai Muhammad, perintahkan ummatmu untuk berbekam, karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist, dan syuniz semacam tumbuh-tumbuhan’.” (Kitab Kasyful Astaar ‘an Zawaa-idil Bazar, karya al-Haitsami, III/388)

17. Dari Jabir al-Muqni RA, dia bercerita: “Aku tidak akan merasa sehat sehingga berbekam, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Sesungguhnya pada bekam itu terdapat kesembuhan’.” (Shahih Ibnu Hibban (III/440))

18. Dari Anas RA, dia bercerita: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Jika terjadi panas memuncak, maka netralkanlah dengan bekam sehingga tidak terjadi hipertensi pada salah seorang diantara kalian yang akan membunuhnya’.” (diriwayatkan oleh al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak, dari Anas RA secara marfu’, beliau mensyahihkannya yang diakui pula oleh adz-Dzahabi (IV/212))

Oleh karena itu Bekam (Al-Hijamah) semestinya tidak layak menjadi sesuatu yang asing bagi umat Islam, untuk digunakan sebagai ikhtiar pengobatan dan penyembuhan dari berbagai macam penyakit.

Sehingga pantaslah jika Ibnul Qayyim Al-Jauziyah berkata di dalam salah satu karyanya Ath-Thibbun Nabawi yang fenomenal, “Berpalingnya manusia dari cara pengobatan cara Nabi sama halnya mereka berpaling dari AlQur’an & AsSunnah”

Begitu juga Al-Khathabi dalam kitabnya Asy-Syifa Min Khatamil Anbiya beliau berkata, “Pengobatan Nabi (Bekam,dll -ed) disyari’atkan dalam Islam karna ia bersumber dari wahyu yang Allah ajarkan kepada Rasulullah, mengamalkannya ~Bekam~ bernilai pahala ibadah sunnah yang semoga menjadi syafa’at bagi para pengamalnya”

NAH SEKARANG PERTANYAAN ADALAH:
MASIH RAGUKAH KITA UNTUK MENGAMALKAN SUNNAH BEKAM?
BAGAIMANA DENGAN ANDA & KELUARGA ANDA SENDIRI?
APAKAH ANDA PERNAH BERBEKAM?

Baca juga artikel terkait dengan mengklik link di bawah ini:

>> Seorang Muslim Sepantasnya MALU TAK KENAL BEKAM (Tinjauan Medis)

>> KETIKA DOKTER RAME-RAME BICARA BEKAM | HIJRAHNYA PARA DOKTER MUSLIM KE THIBBUN NABAWI

>> PENELITIAN BEKAM DI INGGRIS, TERBUKTI..!! (Bag.1 dari 3)

>> Terapi Bekam: BEKAM UNTUK PENGOBATAN BERBAGAI MACAM PENYAKIT

>> JADWAL WAKTU TERBAIK (SUNNAH) UNTUK BERBEKAM SELAMA TAHUN 2011M (1432H)

>> Halalkah Upah Bekam? Bagaimana Hukum Muslimah Bekerja di Luar Rumah | BERAPA SIH UPAH BEKAM YANG WAJAR ITU?

>> HASIL PEMERIKSAAN MEDIS & LABORATORIUM TERHADAP PASIEN-PASIEN YANG DIOBATI DENGAN METODE BEKAM

>> TESTIMONI: Kanker Payudara Sembuh di Bekam dengan ijin Allah Subhanahu Wa Ta’ala

>> Berbekam (hijamah), Apakah Membatalkan Wudhu?

>> PENDAFTARAN UNTUK TERAPI BAGI PASIEN DOMISILI DI SUMATERA UTARA

>> Alamat & Contact Person Praktek Bekam Di Indonesia

Tentang Admin

ALAMAT ADMIN : Jln. Letjend. Jamin Ginting KM.8 Gg.Gembira Bawah (Padang Bulan) Kwala Bekala - Medan Johor. Medan-Sumatera Utara e-mail : abujundi5medan@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Artikel Islam, INFORMASI PENTING!, Mutiara HADIST, Pengobatan Nabawi, Terapi Bekam dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke MASIHKAH ANDA RAGU DENGAN MU’JIZAT PENGOBATAN NABI; BEKAM? | “Dan tiada yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapan itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan” (QS.an-Najm:3-4)

  1. Ping balik: Hukum Berubat dengan Kaedah Hijamah (Bekam) « Al Hijamah (Bekam)

Komentar ditutup.