KENALI GEJALA AWAL STROKE | نعوذ بالله من ذلك

Life begin at fourty, kata orang.
Tapi justru buat kita yang sudah masuk 40-an, harus extra hati2. Bukan nakut2 in loh, meskipun bisa terjadi pada orang yang masih berusia 25-an. Kalo pola hidup kita tidak sehat, maka berbagai macam penyakit datang mendekat, mulai dari kolesterol, asam urat, lever, ginjal, jantung, sakit gigi, bahkan stroke.

Gejala Stroke Penyebab Dan Akibatnya, untuk sekarang ini penyakit stroke bayak menyerang masyarakat kita, oleh sebab itu kami ingin berbagi informasi mengenai gejala stroke, selain itu juga disini akan di jelaskan pula penyebab terjadinya stroke dan akibat yang di timbulkan pasca serangan stoke ini.

Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah.

WHO mendefinisikan bahwa stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi susunan saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak dan bukan oleh yang lain dari itu.

Stroke dibagi menjadi dua jenis yaitu: stroke iskemik maupun stroke hemorragik.

Stroke iskemik yaitu tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. 80% stroke adalah stroke Iskemik. Stroke iskemik ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

Stroke Trombotik: proses terbentuknya thrombus yang membuat penggumpalan.
Stroke Embolik: Tertutupnya pembuluh arteri oleh bekuan darah.
Hipoperfusion Sistemik: Berkurangnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh karena adanya gangguan denyut jantung.

Stroke hemoragik adalah stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Hampir 70% kasus stroke hemoragik terjadi pada penderita hipertensi.

Stroke hemoragik ada 2 jenis, yaitu:

Hemoragik Intraserebral: pendarahan yang terjadi didalam jaringan otak.
Hemoragik Subaraknoid: pendarahan yang terjadi pada ruang subaraknoid (ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi otak).

nah sehubungan dengan itu, baca artikel ini baik2 supaya kita tahu bagaimana cara pencegahannya.

GEJALA AWAL STROKE PADA PENDERITA :

Berdasarkan lokasinya di tubuh, gejala-gejala stroke terbagi menjadi berikut:

1>> Bagian sistem saraf pusat : Kelemahan otot (hemiplegia), kaku, menurunnya fungsi sensorik
2>> Batang otak, dimana terdapat 12 saraf kranial: menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah.
3>> Cerebral cortex: aphasia, apraxia, daya ingat menurun, hemineglect, kebingungan.

catatan: Jika tanda-tanda dan gejala tersebut hilang dalam waktu 24 jam, dinyatakan sebagai Transient Ischemic Attack (TIA), dimana merupakan serangan kecil atau serangan awal stroke.

Selain 3 Gejala diatas masih ada lagi gejala stroke lainya diantaranya

1. Tekanan Darah memuncak dgn ciri leher berasa sangat berat / Kencang & Tiba- tiba sakit kepala / pusing

2. Mulut rasanya miring sebelah (mau ngiler). Mau ngomong susah.

3. Penglihatan kabur atau kehilangan ketajaman. Ini bisa terjadi pada satu atau dua mata.

4. Kehilangan keseimbangan (lemas mendadak), seperti kehilangan energi secara mendadak.

5. Rasa kebal atau kesemutan (spt ditusuk jarum secara ringan ) pada satu sisi tubuh ( punggung )

6. Wajah mati rasa mendadak (kesemutan sebelah)

7. Merasa kebingungan dan kesulitan berbicara

8. Rasa sakit kepala yang amat sangat menyiksa tanpa ada penyebab yang jelas

TIPS & TRIK MENGHADAPI GEJALA AWAL STROKE

1) Ambil jarum tusukan ke seluruh jari tangan sampai darah menetes (tapi gak sampe berdarah-darah nanti dikira pembunuhan)

2) Kalau mulut berasa miring, tarik kupingnya sampai merah, dibagian daun telinganya juga ditusuk dua tusukan jarum, sehingga masing-masing telinga menetes dua tetes darah.

3) Kalo jatuh di kamar mandi atau dimanapun jangan buru buru pindahkan orangnya ke tempat lain. tidurkan dulu di posisi jatuh lakukan tindakan pertama dengan melihat ciri ciri diatas dulu.

4) Jangan buru buru naikin ke mobil karna kalau terkena guncangan pembuluh darah di otak akan semakin parah

tanda awal gejala stroke

PENTINGNYYA MENGENALI GEJALA AWAL STROKE

Sewaktu pesta barbeque, seorang teman terjatuh – dia meyakinkan semua orang yang datang kalau dia tidak apa-apa dan katanya hanya tersandung batu bata karena sepatu barunya (padahal mereka menawarkan memanggil paramedik).
Mereka membantunya membersihkan diri dan mengambilkan piring makanan baru. Meskipun terlihat sedikit terguncang, Ingrid meneruskan menikmati sore itu.

Malamnya, suami Ingrid menelpon memberitahukan semua orang bahwa istrinya telah dibawa ke rumah sakit – (pukul 6 sore besoknya, Ingrid meninggal).

Dia mendapat serangan stroke pada pesta barbeque. Kalau saja mereka tahu bagaimana mengenali tanda-tanda stroke…

Hanya membutuhkan satu menit untuk membaca ini. Seorang ahli syaraf mengatakan bahwa kalau dia bisa menolong seorang korban stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan tersebut, dia bisa membalikkan pengaruh stroke…. secara total! Dia mengatakan bahwa triknya adalah mengenali dan mendiagnosa stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan, yang sebenarnya merupakan hal yang sulit.

MENGENALI STROKE

Alhamdulillah Puji syukur kepada Allah atas indera yang dapat mengingat TIGA hal berikut. Baca dan pelajarilah!

Kadang-kadang gejala stroke sulit dikenali. Sayangnya, kurangnya kewaspadaan dapat mendatangkan bencana. Korban stroke dapat menderita kerusakan otak sewaktu orang-orang yang ada disekitarnya pada saat kejadian gagal mengenali gejala-gejala stroke.

Sekarang banyak dokter mengatakan bahwa orang di sekitar korban dapat mengenali gejala stroke dengan menanyakan tiga pertanyaan sederhana ini:

§ Minta orang tersebut untuk TERSENYUM.

§ Minta orang tersebut untuk MENGANGKAT KEDUA TANGANNYA.

§ Minta orang tersebut untuk MENGUCAPKAN SEBUAH KALIMAT SEDERHANA (yang masuk akal), contoh: “Hari ini cerah.” Blablabla… .

Bila orang tersebut tidak bisa melakukan apa yang kita minta diatas atau salah satunya segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama selanjutnya.

di rangkum dari berbagai sumber oleh ISLAMIC ZONE https://thibbalummah.wordpress.com

Tentang Admin

ALAMAT ADMIN : Jln. Letjend. Jamin Ginting KM.8 Gg.Gembira Bawah (Padang Bulan) Kwala Bekala - Medan Johor. Medan-Sumatera Utara e-mail : abujundi5medan@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Artikel Kesehatan, INFORMASI PENTING!, Kesehatan Umum, kONSUTASI Kesehatan, Secret File's, Tanda-Tanda Penyakit dan tag . Tandai permalink.