لا تكن متعجرف | Terapisnya sombong, Pasiennya sok pinter !

Terapisnya sombong,Pasiennya sok pinter !

Ini adalah kejadian unik yang sering kita lihat disekitar kita.

Bereapa banyak dari kita ketika sakit dan mendatangi juru pengobat baik itu dokter,pembekam,sinshe atau yang lainnya justru malah anehnya kita yang mengajari mereka,bukan ?

Gak percaya ?

Ini adalah kejadian ketika pas ada pasien di suatu rumah sakit:

Pasien A datang dengan sakit perut yang melilit.Dia datang dengan pamannya yang kalau dilihat cukup berpenampilan cerdas,Anda tentu paham maksud saya bukan ?

Pasien ini memegangi perutnya yang terasa mules-mules.

Ketika dicek oleh dokter KGEH ( Konsultan ) dan menurut anamnesis pengalaman dokternya pasien ini harus dirawat karena harus ada tindakan tertentu.

Mendengar hal itu sang paman protes pada dokter ini.Gak mungkin harus opname lha keponakan saya ini cuman mules saja.Ahh dokter ini ada-ada saja ngomongnya mau cari duit lebih.Dasar rumah sakit ! Sudah gini aja dok biar saya bawa pulang saja ponakan saya ini.Paling dikasih obat di pasar sembuh juga.

Aha ! sekarang siapa yang jadi dokter ya ?

Kemudian di hari yang lain.Datang lagi pasien B dengan keluhan yang sama.Kebetulan dia datang dengan mamanya.Ceritanya dia anak mami.

Pasien B ini mengeluh perutnya mules-mules.Dokter KGEH pun dengan sigap memeriksanya.

Dokter ini mengernyitkan dahinya dan bilang ke pasien itu.Ahh anda tidak apa-apa cuman mules biasa saja saya kasih obat paling besok sudah baikan tidak perlu opname.

Mendengar hal ini sang mama tidak terima.Dokter ini bagaimana sih ? anak saya melilit perutnya dok kok malah disuruh pulang.Sudah biar dia opname saja dok dan besok tolong di cek lab semuanya ya.

Nah lho yang pasien siapa yang dokter siapa ?

Kejadian ini bisa imajinatif saja tapi bisa juga memang kenyataanny seperti ini cuman kondisi dan situasinya saja yang berbeda,tho ? Ehm jangan-jangan malah anda justru pernah seperti ini he he.

Inilah yang dinamakan pasien keminter tapi keblinger !

Nah kalau yang ini kebalikannya lagi.

Anda pernah baca iklan pengobatan traditional di koran atau tabloid ? atau jangan-jangan di forum ini ?

Bagaimana kata-katanya :

Pasien A sembuh hanya dengan sekali totok lho di tempat si anu.

Kemarin si pengobat ini hanya melaklukan bekam di titik ini bla…bla….eh pasien sembuh.Hebat!

Anda juga mungkin mendengar pengobat bilang : Ahh beres bu ….gak apa-apa kok saya kasih obat besok sembuh.Pasti ! Sekali lagi hebat !

Nah apakah anda pernah mendengar juga :

Seorang dokter jantung ,malah istrinya sendiri harus pakai ring di jantungnya ?

Pernah dengar dokter ahli paru-paru yang dia sendiri terkena asma ?

Pernah dengar dokter ahli kesuburan yang mana dia sendiri tak bisa mensuburkan kandungan sepupunya ?

Pernah dengar ahli pembekam yang dia sendiri justru jadi korban karena sembarangan dibekam istrinya ?

Disinilah ALLAH hendak menyentil para pengobat ini :

Bahwa hak menyembuhkan adalah milik ALLAH bukan para pengobat itu.

Disini ALLAH seolah-olah menunjukkan kepada kita bahwa betapa kerdilnya kita ini sebagai pengobat seolah mau ngomong :

Kalau loe emang ahli pengobatan tuh coba sembuhin dulu anakmu,istrimu,menantumu,ibumu bahkan dirimu yang lagi sakit !

So,mengapa kita berani sombong dengan mengatakan bisa mengobati ini itu !

Terkadang saya juga begitu takjub ketika menonton acara televisi : betapa hebatnya seorang ustadz hanya dengan lewat omongannya saja seketika dalam kurang 5 menit penyakit yang diderita paseinnya bisa berkurang dan sembuh.Sekali lagi luar biasakah ?

Ehm tentu jangan sembarangan mencap begitu.Kita perlu ilmu dan iman untuk melihat fenomena dan kejadian ini.Jika diteliti terkadang sang ustadz juga tidak secara terang-terangan menjelekkan pengobatan yang dilakukan oleh dokter medis.Ups apakah ini seorang ustadz ?

Aha jangan-jangan diantara kita juga mengalami hal demikian suka sekali menjelek-jelekkan pengobatan yang dilakukan oleh pengobatan lain.Pertanyaanya adalah apakah kita yang berhak menentukan lewat pengobatan mana pasien itu bisa sembuh ? Ehm…sungguh bukankah ini bagian dari kesombongan ?

Semoga menginspirasi.

9.11. Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

49.12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Ash-Shu’ara (26) : 80

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

26.80. dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku,

Al-Qiyamah (75) : 27

وَقِيلَ مَنْ رَاقٍ

75.27. dan dikatakan (kepadanya): “Siapakah yang dapat menyembuhkan?”,

Rendah hati adalah salah satu dari konsep-konsep inti yang sering diingatkan kepada kita secara berulang-ulang. Rendah hati adalah tanda iman sedangkan kesombongan adalah tanda kafir

Jika kerendahhatian dianggap identik dengan iman dan kesombongan dianggap identik dengan kafir, itu karena iman membimbing manusia kepada pemahaman dan kebijaksanaan, sementara kafir menghalangi seseorang dari memperoleh kebaikan. Dengan membangun kesadaran akan Allah melalui kearifan, seseorang yang memiliki iman dalam hatinya tidak akan pernah berani menyombongkan diri. Dia menerima dengan rela bahwasanya Allah berkuasa atas segala sesuatu, sedangkan dia sebagai manusia hanyalah seorang hamba yang diberkahi dengan banyak kenikmatan. Orang yang mendapat hidayah melihat kekuasaan Allah dalam segala hal dan menyadari kelemahan dirinya sebagai manusia yang merasa lapar, mudah mendapat sakit dan menderita rasa sakit. Dia tidak dapat mencegah dirinya dari bertambah tua. Dia tidak menciptakan dirinya sendiri dan juga tidak dapat menghindari mati.

Dengan tubuh yang cenderung kepada kelemahan, dia ditakdirkan hidup untuk periode waktu tertentu hingga pada akhirnya dia mati dan kembali kepada Penciptanya. Tidak ada satu alasanpun yang pantas baginya untuk menyombongkan diri. Bahkan seandainyapun dia memiliki hal yang pantas untuk disombongkan, dia tetap tidak layak untuk menyombongkannya karena semuanya, baik itu dirinya maupun yang dia miliki, adalah pemberian Allah. Karena itu sudah selayaknya dia berterima kasih ketimbang menyombong. Pengakuan akan keagungan sang pencipta, dengan sendirinya akan memimpin orang itu. Dia benar-benar sadar akan kelemahannya di mata Allah, namun dia tidak menunjukkannya kepada orang lain. Sebaliknya, dia dikenal sebagai orang yang bermartabat, terhormat, rendah hati, percaya diri, dan dewasa.

Akibat kurang mampu untuk memahami Allah, orang kafir tinggal di dalam cengkeraman kesombongan dan kebanggaan mereka yang percuma. Mereka merasa memiliki identitas terpisah yang bebas dari Allah. Kelebihan pribadi seperti kecerdasan, kesejahteraan, penampilan menawan, kemasyhuran, menjadi hal-hal yang membuat mereka memuji diri mereka sendiri. Mereka tidak mengerti bahwa semua itu adalah berkah yang diberikan oleh Allah dan dapat dicabut sewaktu-waktu. Aspek lain dari orang kafir adalah rasa rendah diri yang berlebihan. Hal ini secara umum adalah akibat dari ketidakmampuan untuk mencapai status atau standar hidup tertentu. Akibat ketidaksadaran total akan konsep-konsep kunci semacam itu serta konsep kepatuhan dan keyakinan kepada Allah, orang kafir dapat mengalami penderitaan dari berbagai macam penyakit jiwa yang berbeda, dan yang terbanyak adalah rendah diri yang berlebihan atau terlalu tinggi hati. Keadaan mereka didefinisikan di dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

Sesungguhnya orang-orang yang membantah dalil-dalil Kami tanpa alasan, yang mereka peroleh itu tidak lain karena kesombongan nafsu ingin mendapat atau mempertahankan kedudukan sebagai orang besar, padahal maksudnya itu tidak akan tercapai. Oleh karena itu mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Al-Mukmin:56

Seseorang yang berada dalam keadaan ini menemukan bahwa segala sesuatunya tidak berarti kecuali keberadaannya sendiri. Di matanya segalanya adalah alat untuk memuaskan egonya. Dia terus-menerus berada dalam usahanya memuji dirinya sendiri. Dia menyangkal kegagalan-kegagalannya dan tidak pernah mengakui bahwa dia berasal dari jenis manusia yang sangat mungkin berbuat salah. Pada beberapa hal, dia mengembangkan kebencian yang hebat terhadap agama. Hal ini pada dasarnya karena agama mengajarkan kebenaran yang unik bahwa seorang manusia hanyalah hamba Allah yang mana keberadaannya secara total bergantung pada Allah. Namun karena termakan habis-habisan oleh harga dirinya, dia menjadi buta pada kebenaran yang ditunjukkan oleh agama. Di dalam penyangkalan itu, dia berpegang teguh pada pendiriannya sendiri tentang hidup. Al-Qur’an menjelaskan tentang orang-orang semacam ini sebagai berikut:

Mereka mengingkarinya karena zalim dan sombong, padahal hati mereka meyakini kebenarannya. Sebab itu perhatikanlah bagaimana kesudahannya orang-orang yang berbuat onar. An-Naml:14

Karena terbelenggu oleh kesombongannya, orang semacam itu hidup demi memuaskan ego mereka sendiri. Tidak diragukan lagi bahwa mereka adalah orang-orang yang cenderung kepada berbuat kejahatan. Ayat di bawah ini memperingatkan kita tentang tindakan mereka yang memperdayakan:

Di antara manusia Golongan manusia ini ialah orang-orang yang perkataanya berbeda dengan perbuatannya atau berbeda dengan apa yang tersembunyi di dalam hatinya. Keahliannya dalam memutar-balikkan sesuatu dan memutar lidahnya dalam pembicaraannya hingga dapat menarik perhatian pendengar adalah senjata ampuhnya . Dia dapat mempertahankan pendiriannya yang salah, dengan kepintaran memutar lidah semata. Golongan manusia yang seperti ini, ada pada tiap-tiap bangsa dan masa ada golongan yang ucapannya menarik perhatianmu mengenai kehidupan dunia ini, dan dipersaksikannya dengan nama Allah atas kebenaran isi hatinya, padahal dia adalah musuh utama. Dan apabila dia telah pergi meninggalkan pendengarnya, maka ia membuat kerusakan di muka bumi, dirusakkannya sawah ladang dan ternak Dalam hubungan itu sebagian cendekiawan muslim berpendapat bahwa yang dimaksud dengan sawah dan ladang ialah perempuan. Yang dimaksud dengan ternak ialah turunan. Ini berdasarkan ayat Tuhan. (Lihat 2:223). Maka dengan ini yang dimaksud merusak sawah ladang ialah merusak kehormatan perempuan dengan menggaulinya dengan cara tidak sah, untuk kemudian melahirkan anak (turunan) yang tidak sah pula. Dan Allah tidak menyukai kebinasaan. Dan bila dikatakan kepadanya: “Bertakwalah kepada Allah!”, serta merta timbul keangkuhannya yang menjurus kepada dosa. Cukuplah neraka jahanam sebagai balasannya; dan itulah tempat tinggal yang seburuk-buruknya. Al-Baqarah:204-206

Dalam ayat lain, sikap dari orang-orang yang sombong dinyatakan sebagai berikut:

Didengarnya beberapa dalil Allah yang dikemukakan kepadanya, kemudian dia tetap menyangkal dengan sombongnya, seolah-olah dia tidak mendengarkannya. Karena itu, gembirakanlah dia dengan siksaan yang pedih. Al-Jatsiyah:8

Menyangkal kebenaran hanya karena kesombongan belaka, adalah kunci pemahaman tentang arti kesombongan. Dengan berbuat sombong berarti seseorang telah memilih jalan kesedihan baik itu di dunia maupun di akhirat nanti. Itulah sebabnya kesombongan menjadi musuh manusia yang paling membahayakan.

Bahkan kesombongan pulalah yang menjadi alasan penolakan Iblis untuk memberikan penghormatan kepada Nabi Adam. Hal ini dijelaskan di dalam Al-Qur-an dalam sebuah cerita:

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. Manakala telah kusempurnakan kejadiannya dan setelah kutiupkan roh ciptaanKu; hendaklah kamu merendahkan diri sujud kepadanya.” Lalu para malaikat itu sujud semuanya; kecuali iblis. Dia berlagak sombong, dan dia termasuk orang-orang yang kafir. Tuhan bertanya: “Hai iblis, apakah gerangan yang menghalangimu untuk sujud kepada seseorang yang telah Kuciptakan dengan kekuasaanKu? Apakah kamu berlagak sombong atau merasa diri tergolong orang yang lebih tinggi?” Iblis menjawah: “Aku lebih baik dari padanya. Engkau menciptakanku dari api, sementara dia Engkau ciptakan dari tanah. Tuhan berfirman: “Keluarlah kamu dari Syurga, sesungguhnya engkau sudah terusir.” Dan kutukanKu tetap atasmu sampai “Hari Pembalasan.” Sad: 71-78

Pernyataan yang digunakan iblis di dalam ayat tersebut sangatlah mengejutkan dan mencerminkan watak kejinya. Iblis dikuasai oleh perasaan tak berdasar yang membuatnya merasa lebih penting dari Adam. Iblis enggan mengakui bahwa Allah-lah yang sanggup memuliakan makhluk. Padahal dengan diperintahkannya malaikat untuk bersujud pada Adam, jelas bahwa Iblis pun kalah mulia dari Adam karena sebelum adanya Adam, malaikat adalah makhluk yang paling mulia diantara semua makhluk. Tidak satu makhlukpun yang berani melawan perintah Allah namun Iblis berani dan sebagai akibatnya dia dikutuk selama-lamanya.

Iblis memberikan sebuah contoh jahat bagi orang-orang yang mengikuti jalannya. Iblis memberontak kepada Allah dan mendorong manusia untuk memberontak juga. Ayat di bawah ini menjelaskan tentang bagaimana manusia disesatkan:

Tuhan berfirman: “Hai iblis mengapa kamu tidak sujud menyertai mereka?”. Iblis menjawah: “Aku tidak layak bersujud kepada makhluk yang Engkau ciptakan dari jenis “tanah liat yang dibentuk itu”. Allah berfirman: “Keluarlah dari sini, karena kamu terkutuk, sedang kutukan itu selalu akan menimpamu sampai hari kiamat”. Berkata iblis: “Ya Tuhanku, beri tangguhlah aku sampai hari kebangkitan manusia”. Tuhan menjawah: “Kamu diberi tangguh, sampai pada suatu hari, yang waktunya sudah dikenal Maksudnya “Hari tiupan sangkakala yang pertama yaitu pada saat berakhirnya hari-hari dunia”, dan permulaannya “hari-hari akhirat”, di mana semua makhluk yang ada di langit dan yang ada di bumi dimatikan. Itulah permulaan kiamat, ditandai dengan tiupan sangkakala yang pertama. Iblis berkata lagi: “Ya Tuhanku, karena Engkau telah memutuskan bahwa aku ini makhluk sesat, maka aku akan merangsang anak cucu Adam di muka bumi ini untuk berbuat maksiat, dan akan kubawa sesat mereka semuanya. Al-Hijr:32-39

Iblis menginginkan manusia untuk tersesat juga. Ini adalah tipe kepuasan jiwa yang juga ada pada manusia. Sama seperti halnya Iblis, seseorang yang melakukan kejahatan juga menginginkan orang lain melakukan kejahatan dan dihukum juga. Harapan untuk berbagi kejahatan; dan dengan demikian juga berbagi hukuman, telah menjadi hiburan bagi orang-orang yang menolak beriman dan mengingkari keberadaan Allah karena mereka tahu bahwa mereka juga dikelilingi oleh orang-orang yang juga tersesat. Rasa sentimen seperti “Semua orang juga melakukannya” dan “Jika orang-orang masuk neraka saya juga”, biasanya diungkapkan. Alasan dari pernyataan ini adalah logika seperti yang dijelaskan di atas. Iblis sadar betul akan keberadaan dan kekuasaan Allah namun karena dikendalikan oleh rasa tinggi hati yang berlebihan, dia mengharapkan “perlakuan istimewa” dan ingin menikmati hak-hak istimewa pula. Itulah sebabnya dia menolak ketika diperintahkan untuk bersujud kepada Adam. Di dalam Al-Qur’an digambarkan bagaimana orang-orang kafir sebenarnya mengakui keberadaan Allah, namun karena “percaya bahwa mereka memiliki beberapa keunggulan istimewa”, mereka ingin menikmati hal-hal tertentu di atas orang lain. Apalagi banyak orang tersesat yang menganggap diri mereka “kekasih Allah”. Di dalam Al-Qur’an sikap mental semacam ini sering ditegaskan:

Orang-orang Yahudi dan Nasrani mengatakan: “Kami adalah anak-anak Allah dan kekasih-kekasihnya-Nya”. Katakanlah! kalau begitu mengapa Tuhan menyiksamu karena dosa-dosamu?”. Tidak benar kamu adalah anak-anak Allah dan kekasih-kekasih Tuhan, tetapi kamu adalah manusia biasa di antara orang-orang yang diciptakan-Nya. Dia mengampuni siapa saja yang dikehendaki-Nya pula. Dan kepunyaan Allah-lah kekuasaan langit dan bumi dan apa yang berada di antara keduanya. Dan kepada-Nya-lah tempat kembali segala-galanya. Al-Maidah:18

Perasaan istimewa dan superior terwujud dalam berbagai bentuk. Islam mengajarkan kepada manusia bahwa manusia berhutang kehidupannya kepada Allah dan manusia tidak memiliki hal apapun kecuali apa yang telah dianugerahkan Allah kepadanya. Menolak fakta ini adalah penyebab utama yang membuat sebagian besar manusia tersesat. Apakah bedanya pernyataan Iblis yang menyatakan “Aku diciptakan dari api” dengan peryataan “Aku anggota keluarga terpandang”, “Aku memiliki banyak uang”, atau “Aku berpenampilan menawan”. Hal-hal tersebut menjadi alasan atas kesombongan mereka. Peristiwa Qarun adalah contoh nyata seperti yang diceritakan dalam surat Al-Qasas:76-83.

Seperti yang kita lihat pada ayat di atas, Qarun dan orang-orang sejenisnya percaya bahwa mereka diberi anugrah karena sifat-sifat tertentu yang mereka miliki sehingga pantas ditolong oleh Allah dan menganggap orang miskin sebagai orang yang tidak pantas mendapat pertolongan dari Allah. Mereka lupa dan menyangkal bahwa semua sifat-sifat tersebut pada dasarnya adalah anugrah Allah. Pernyataan Qarun: “Harta ini diberikan kepadaku karena ilmu tertentu yang aku miliki”, adalah suatu kesombongan. Inilah sebabnya orang merasa penting dan suka memaksa kepada orang lain ketika merasa dirinya berhasil, makmur, dan berkuasa. Orang-orang yang demikian adalah orang-orang yang menganggap diri mereka kekasih tercinta Allah.

Manusia itu tidak pernah jemu memohon kebaikan, tetapi jika dia ditimpa malapetaka, dia putus-asa dan hilang harapan. Bila mereka Kami beri karunia setelah mereka menderita kesengsaraan, mereka katakan: “Inilah hakku, dan aku tidak yakin bahwa kiamat itu akan terjadi. Namun bila aku dikembalikan kepada Tuhanku, tentu sejumlah kehormatan telah ada untukku pada sisi-Nya”. Sesungguhnya Kami akan memberitahukan kepada orang-orang kafir itu perbuatan maksiat yang pernah mereka kerjakan, lalu kami rasakan siksaan yang keras kepadanya. Fusshilat: 49-50

Sebaliknya orang-orang beriman tidak yakin bahwa dirinya pantas masuk surga. Itulah sebabnya orang beriman menyembah Tuhan mereka dalam “rasa takut dan harap” (As-Sajadah:16). Mereka mengharap Allah dan berdoa “Lindungilah kami dari api neraka (Al-Baqarah:201) “Jangan biarkan kami tersesat setelah kami Engkau beri petunjuk” (Al-Imran:8) “Hadirkanlah jiwa kami di hadapanmu sebagai orang muslim yang tunduk pada keinginanmu” (Al-A’raf:126). Semuanya itu jauh dari sifat orang kafir yang merasa pasti bahwa dirinya akan masuk surga. Kesombongan adalah penghalang bagi keselamatan abadi seseorang karena Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi menyombongkan diri (Al-Hadid:22). Ayat-ayat di bawah ini memperingatkan manusia secara berulang-kali untuk menghindari kesombongan:

Dan janganlah engkau berjalan di muka bumi ini dengan congkak. Sebab engkau tidak akan mampu menembus bumi, dan tidak pula akan dapat menjulang setinggi gunung. Al-Isra:37
Dan janganlah engkau membuang muka penuh kesombongan terhadap orang lain dan janganlah engkau berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sebab Allah tidak senang terhadap semua orang yang sombong lagi angkuh. Luqman:18
Tiada suatu bencanapun yang menimpa masyarakatmu di bumi Seperti musim paceklik, bencana alam, penjajahan, dan lain-lain atau yang langsung menimpa dirimu sendiri, hanya sudah tertulis dalam kitab Lauhul Mahfuzh sebelum bencana itu Kami ciptakan. Hal itu bagi Allah mudah saja. Demikianlah agar kamu jangan terlalu berduka cita terhadap sesuatu yang sudah luput darimu, dan jangan terlalu gembira terhadap sukses yang telah kamu capai. Allah tidak menyukai kepada semua orang yang sangat sombong dan bersikap angkuh. Al-Hadid:22-23
Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan apapun juga. Dan berbaktilah kepada kedua orang ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim dan orang miskin, tetangga yang dekat dan yang jauh Sekalipun tetangga jauh itu bukan muslim, teman sejawat Yang dimaksud adalah teman dalam perjalanan, orang-orang yang dalam perjalanan, dan hamba sahaya yang berada di bawah kekuasaanmu. Sesungguhnya Allah tidak menyenangi orang-orang yang sombong dalam gerak-geriknya lagi sombong dalam ucapannya. An-Nisa:36

Di dalam Al-Qur’an, orang beriman berulang kali diingatkan untuk rendah hati dan bersikap lunak. Orang beriman secara teliti menghindari kesombongan karena mereka dapat memahami ayat bahwasanya Allah membenci orang-orang yang sombong lagi menyombongkan diri. Karena itu Al-Qur’an mendeklarasikan bahwa kerendahah-hatian adalah kebaikan dasar orang beriman.

Bagi masing-masing umat yang beragama, telah kami syari’atkan ibadah kurban Maksudnya menyembelih binatang ternak atas dasar pengarahan: mendekatkan diri kepada Allah semata. Islam menyatukan arah semua aktifitas muslim, baik dalam tutur-kata maupun amal perbuatan ke satu arah, yaitu: Allah. Tidak terkecuali dengan ibadah kurban ini. Itulah warna kehidupan muslim dan itu pulalah akidah muslim. Maka berdasarkan kesatuan arah ini pulalah diharamkan memakan daging binatang sembelihan yang tujuan menyembelihnya menyimpang dari akidah tauhid, dengan menyebut nama selain Allah. Misalnya nama berhala anu, batu keramat ini, tempat keramat itu, dan sebagainya, dan sebagainya, supaya mereka menyebut nama Allah pada waktu menyembelihnya dan bersyukur kepadaNya atas pemberian binatang ternak itu kepadanya. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kepadanya! Dan berilah berita gembira orang-orang yang tunduk patuh kepada Tuhan. Al-Hajj:34
Hamba-hamba Allah yang Maha Pengasih ialah orang-orang yang berjalan di muka bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang yang bodoh mengucapkan kata yang tidak sopan kepadanya, dijawabnya dengan: “Selamat Sejahtera!” Al-Furqan:63
Itu kampung akhirat yang pernah kau dengar beritanya Kami jadikan kenikmatannya bagi orang-orang yang tak pernah berlagak sombong dan merusak di permukaan bumi. Dan syurga, adalah akibat yang baik bagi orang yang takwa. Al-Qasas: 83 Adapun yang beriman dengan ayat-ayat Kami, tidak lain hanya orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat itu, mereka menyungkur sujud sambil mengucapkan puja dan puji kepada Tuhannya, lagi mereka tidak pernah bersikap sombong. As-Sajadah:15

Ini adalah hal yang agak penting untuk dipertimbangkan. Apakah seseorang itu beriman ataukah tersesat, bergantung pada sombong atau rendah hatikah dia. Akibat-akibat dari kesombongan dijelaskan dalam ayat-ayat di bawah ini:

Akan Aku belokkan orang-orang yang bersikap sombong di muka bumi tanpa alasan yang benar dari memahami tanda-tanda kekuasaanKu Petunjuk dan keberuntungan yang dibawa oleh Syari’at Tuhan. Ciri-ciri orang yang sombong itu ialah: Jika mereka melihat ayat-ayat-Ku mereka tidak mempercayainya, jika mereka melihat petunjuk jalan mereka tidak mau melaluinya, dan bilamana mereka melihat jalan kesesatan mereka langsung menempuhnya. Yang demikian itu disebabkan mereka telah mendustakan ayat-ayat Kami dan selalu lalai dari padanya. Al-A’raf: 146

Orang-orang yang memerangi para pendakwah juga sombong seperti halnya orang-orang yang memerangi para rasul. Orang seperti itu didefinisikan sebagai “para pemimpin orang kafir” atau “orang-orang yang bersikap sombong” yang di dalam Al-Qur’an disebut sebagai menolak mematuhi rasul karena kesombongan dan arogansi. Mereka menolak bimbingan orang lain kepada jalan kebenaran. Atas dasar sikap suka menentang, mereka menganggap tak ada halangan. Kesombongan para pemimpin orang kafir ini sering disebut di dalam Al-Qur’an:

Pemuka-pemuka kaumnya yang sombong, mengatakan kepada orang-orang yang dianggap lemah yang telah beriman diantara mereka, katanya: “Tahukah kalian bahwa Shalih diutus menjadi Rasul oleh Tuhannya?” Mereka menjawah: “Sesungguhnya kami ini beriman kepada wahyu yang diturunkan kepada Shalih di mana ia disuruh menyampaikannya”. Orang-orang yang sombong itu berkata lagi: “Sesungguhnya kami tidak percaya kepada apa yang kamu imani itu”. Orang yang terkemuka dari kaum Syu’aib itu berkata: “Hai Syu’aib kami akan mengusir kamu dan pengikut-pengikutmu yang beriman itu dari negeri kami ini, atau kamu bersedia menganut kembali agama kami. Syu’aib menjawab: “Apakah akan kamu paksa juga, sekalipun kami tidak sudi?” Al-A’raf: 75-76; 88

Orang sombong menetapkan standar tertinggi atas status sosial, kemakmuran, dan kemasyhuran. Utusan manapun yang tidak dapat memenuhi standar tersebut, akan mereka anggap sebagai orang yang tidak mampu untuk memimpin manusia kepada jalan kebenaran. Sikap bawaan yang paling lazim dari orang kafir adalah kecenderungan mereka untuk memberontak melawan para utusan terpilih Allah.

Dalam Al-Qur’an, pemberontakan Bani Israil melawan Thalut, seorang pemimpin yang diutus kepada mereka, diceritakan sebagai berikut:

Nabi mereka berkata lagi kepada mereka. “Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu”. Mereka menjawab: “Mana mungkin Thalut akan dapat merajai kami, padahal kami lebih berhak mengendalikan pemerintahan daripadanya, lagi pula ia tidak mempunyai kekayaan yang cukup banyak”. Nabi mereka menjawab: “Sungguh, Allah yang telah memilihnya menjadi rajamu, dan akan menganugrahinya dengan ilmu yang luas dan keperkasaan” Mereka berpendapat bahwa yang patut menjadi raja ialah mereka dari turunan raja-raja dan bangsawan serta kaya-raya. Padahal syarat yang diperlukan untuk seorang raja ialah: memiliki kepribadian yang menonjol, mempunyai ilmu pengetahuan yang luas di segala bidang. Dan Allah menganugrahi kerajaan kepada orang yang disukai-Nya, dan Allah itu Maha Luas Pemberian-Nya dan Maha Mengetahui. Al-Baqarah: 247

Juga selama periode Nabi Muhammad, orang terkemuka pada masa itu dengan berapi-api menentang beliau (Az-Zukhruf: 37). Sikap perlawanan mereka, tidak salah lagi, dihasilkan dari kebiasaan mereka menilai orang berdasarkan kesejahteraan, harta, dan nama baik. Mereka baru akan patuh apabila utusan yang dikirim adalah orang terkemuka dan kaya. Namun mematuhi seseorang hanya karena dia dipilih oleh Allah saja, bagi mereka sangat sulit karena mereka sombong. Hal yang sama terjadi pada Nabi Shaleh:

Kata mereka: “Apakah kita akan mengikuti seorang manusia biasa dari kalangan kita sendiri. Jika demikian kita ini benar-benar dalam kesesatan, gila macam kuda liar?” Apakah terhadap orang biasa di antara kita itukah wahyu itu diturunkan? Padalah dia seorang pendusta lagi sombong. Kelak mereka akan tahu siapa sebenarnya yang bohong dan sombong itu. Al-Qamar: 24-26

Dalam memahami betapa sombongnya orang yang tersesat, Surat Al-Mudatsir menerangkan kepada kita secara jelas. Surat itu menerangkan tentang seseorang yang diberi banyak anugrah oleh Allah, yang mendengar dan memahami ayat Allah tapi juga tidak mematuhi perintah Allah hanya karena kesombongan belaka. Untuk itu dia pantas dihukum dengan cara dibuang ke neraka:

Biarlah Aku sendiri yang bertindak atas orang yang telah Kuciptakan “sebatangkara” Ayat ini dan beberapa ayat berikutnya diturunkan sehubungan dengan tingkah polah seorang pimpinan kafir Quraisy, yang bernama Walid bin Mughirah. Dia dilahirkan sebatangkara lagi papa. Lalu ia menjadi kaya-raya, serta dapat pula kekuasaan dengan menduduki kursi pimpinan dalam masyarakat kafir Quraisy. Dan telah Kuberikan kepadanya harta benda yang melimpah ruah; dan anak-anak yang selalu mendampinginya. Dan aku lapangkan baginya rezeki dan kekuasaan selapang-lapangnya. Lalu ia ingin sekali supaya harta benda dan kekuasaan itu Aku tambah lagi. Sekali-kali tidak akan Kutambah! Karena dia sangat menentang ayat-ayat kami. Akan Kutimpakan kepadanya siksaan yang tidak tertanggungkan. Dia telah memikirkan rencana penolakan Al-Qur’an semasak-masaknya, dan menetapkan tindak pelaksanaannya. Maka terkutuklah dia! Bagaimanapun “cara” yang diperbuatnya. Sekali lagi terkutuklah dia! Bagaimanapun “lampah” yang dilakukannya. Lalu ia berpikir tentang Al-Qur’an berkali-kali. Lalu di bermuka asam dan memberengut. Sesudah itu dia berpaling terus pergi dengan rasa penuh keangkuhan. Lalu dia berkata: “Al-Qur’an ini adalah sihir orang lain yang diambil alih oleh Muhammad”. Dan tidak lain, hanyalah perkataan manusia belaka. Aku akan memasukkannya ke dalam neraka Saqar. Sampai dimana pengetahuanmu tentang neraka Saqar itu? Neraka Saqar itu, tidak menyisakan daging, dan tidak pula membiarkan tinggal tulang-tulang. Pembakar kulit manusia. Al-Mudatsir: 11-29

Pada ayat lain keadaan orang sombong di neraka digambarkan sebagai berikut:

Diperintahkan kepada penjaga neraka: “Tangkaplah orang yang berdosa itu dan seretlah ke tengah-tengah neraka!”. “Kemudian tuangkanlah ke atas ubun-ubunnya air mendidih tadi sebagai siksaan. “Rasakanlah! Karena engkau pernah mengatakan bahwa engkau orang yang perkasa dan mulia Ucapan ini dilontarkan sebagai ejekan dari Nabi Muhammad terhadap lawannya Abu Jahal, ketika dibunuh pada masa Perang Badar. Demikian Al Umawi dalam beberapa kisah pertempurannya yang diutarakan oleh ‘Ikrimah. Siksaan ini adalah siksaan yang waktu di dunia dahulu engkau sangsikan. Ad-Dukhan: 47-50

Manusia hanyalah hamba Allah. Sadarilah keadaan diri sebelum Allah menyadarkan. Hendaknya seseorang menyadari bahwa dia tidak memiliki apapun karena semuanya adalah anugrah Allah. Karenanya dia akan menemukan pertolongan sejati dengan berterima kasih kepada Allah. Jika dia mulai menampakkan kesombongan atas anugrah yang diterimanya, dia akan segera kehilangan kenikmatan yang diperoleh dari anugrah itu. Allah membimbing orang yang menyadari bahwa dia hanya seorang hamba. Namun jika manusia bertindak sebaliknya, dia akan mendapat kemurkaan tuhannya sebagaimana yang diceritakan pada ayat di bawah ini:

Al-Masih sendiri sekali-kali tidak merasa rendah menjadi hamba Allah begitu juga malaikat-malaikat yang terdekat dengan Allah Yaitu di antaranya ialah Malaikat Jibril (Ruhul Kudus) yang membawa perintah penciptaan Al-Masih An-Nisa: 172.
Adapun orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. Al-A’raf: 36

Adapun orang yang tidak menyombongkan diri lagi bersikap lunak, adalah hamba Allah sejati dan akan dihadiahi dengan surga:

Itu kampung akhirat yang pernah kau dengar beritanya. Kami jadikan kenikmatannya bagi orang-orang yang tidak mau berlagak sombong dan tidak mau merusak di permukaan bumi. Dan syurga, adalah akibat yang baik bagi orang-orang yang takwa. Al-Qasas: 83

Diterjemahkan dari buklet “The Basic Concepts in The Qur’an” karya Harun Yahya. http://www.harunyahya.com. Terjemahan Al-Qur’an dikutip dari “Terjemah dan Tafsir Al-Qur’an” susunan Bachtiar Surin terbitan Fa. SUMATRA Bandung.

Sumber: http://sinergisehati.blogspot.com/2011/04/terapisnya-sombongpasiennya-sok-pinter.html

Tentang Admin

ALAMAT ADMIN : Jln. Letjend. Jamin Ginting KM.8 Gg.Gembira Bawah (Padang Bulan) Kwala Bekala - Medan Johor. Medan-Sumatera Utara e-mail : abujundi5medan@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Artikel Islam, Realita Ummat, Tips Islami dan tag , . Tandai permalink.