Wajib Baca Buat Yang Ingin Sehat; DAFTAR MAKAN BERKOLESTEROL

penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol

Bagaimana makanan dapat berpengaruh pada diri seseorang? Sesungguhnya makanan sangat berpengaruh pada kehidupan manusia.

Seseorang perlu makan untuk hidup, orang hidup perlu makan. Namun diharapkan tidak sembarangan makan, sebaiknya pilih makanan yang tidak berkolesterol tinggi. Kolesterol merupakan penyebab utama beberapa penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi dan juga stroke.

Bersyukurlah bahwa saat ini memang kesadaran masyarakat termasuk kaum profesional dalam menjaga agar tubuh tetap sehat cukup tinggi. Namun, hendaknya pemahaman mengenai hal itu (atau apa saja) dilakukan secara menyeluruh dan tidak setengah-setengah.

Artikel ini akan mencoba membahas dari bahasa yang mudah-mudahan cukup bisa dimengerti. Kolesterol bukanlah sesuatu yang jelek dan perlu dihindari. Dalam batas-batas tertentu (sebut saja di bawah 200) kolesterol masih termasuk dalam batas yang normal. Angka (limit) jumlah kolesterol dalam darah bervariasi sesuai dengan sistem pemeriksaan yang digunakan di laboratorium.

Kegunaan kolesterol dalam tubuh adalah membantu menjaga keutuhan sel, dan juga berfungsi dalam pembentukan empedu, hormon steroid, dan vitamin D. Ada yang mengatakan, jika kadar kolesterol terlalu rendah, orang menjadi mudah depresi dan kemungkinan besar akan bunuh diri.

TUMBUHAN TIDAK BERKOLESTEROL

Memang benar kolesterol tidak disintesis oleh tumbuhan (sayuran dan buah-buahan). Jadi, apa pun produk tersebut (kacang, minyak goreng, dll) yang asalnya dari tumbuhan pasti tidak mengandung kolesterol

SUMBER KOLESTEROL

Selain berasal dari luar, tubuh sendiri pun memproduksi kolesterol. Malah sintesis kolesterol dari dalam tubuh persentasenya lebih besar dibanding dengan dari luar tubuh, yaitu sekitar 70 persen.

Kolesterol produksi dalam tubuh disintesis dari asetil koenzim A (asetil Ko-A). Asetil Ko-A berasal dari metabolisme zat gizi sumber kalori (lemak, karbohidrat dan protein). Jadi, seandainya kalori yang kita makan berlebihan, jumlah asetil Ko-A di dalam tubuh pun akan meningkat. Akibatnya kadar kolesterol darah pun akan meningkat juga.

Makan kacang, makan goreng-gorengan memang tidak dilarang. Namun, kita tetap harus mengonsumsinya dalam batas-batas yang normal. Ingat bahwa lemak dalam tubuh manusia, lebih mudah menjadi kalori dibanding dengan karbohidrat maupun protein, hampir dua kali lipat.

Artinya secara kuantitas (per gram), lemak menghasilkan kalori lebih banyak daripada karbohidrat dan protein.

MAKANAN APA YANG PERLU SAYA MAKAN?

Makanan yang rendah lemak, rendah kolesterol, termasuk:

– Buah-buahan dan sayur-sayuran
– Nasi, gandum dan pasta
– Daging tanpa lemak dan daging jenis unggas seperti daging ayam tanpa kulit
– Susu rendah lemak atau bahan dari susu skim
– Ikan tanpa lemak dan kerang
– Sayuran jenis kacang-kacangan
– Minyak masak seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari dan minyak kelapa sawit, dalam jumlah yang tertentu

MAKANAN APAKAH YANG PERLU SAYA HINDARI?

– Susu penuh krim
– Mentega, kuning dan keju – dan makanan yang menggunakan bahan-bahan ini
– Jeroan seperti hati, ginjal dan otak
– Daging yang telah diproses seperti sausage, hot dog, salami, burger
– Makanan yang dibuat dari kuning telur
– Daging berlemak
– Daging itik dan angsa
– Makanan yang digoreng

TIPS MEMASAK :

>> Rebus atau masak tanpa menggunakan lemak atau minyak seperti masak pindang atau sup.

>> Bakar tanpa menambahkan lemak atau minyak. kemudian :
– Tuang sedikit air ke atas bekas membakar.
– Bakar dengan membalut menggunakan daun pisang, pandan atau daun kunyit.

>> Kukus daging, ikan atau ayam dengan rempah, serbuk kari atau perasan limau.

>> Masak daging atau ayam dan sayur dengan sedikit minyak.

>> Goreng tanpa menggunakan minyak atau lemak dengan menggunakan kuali yang tak melekat.

>> Buangkan semua lemak yang berlebihan pada sup sebelum memasukkan sayur segar. Buangkan kepingan lemak-lemak tersebut. kemudian siapkan sup tersebut seperti biasa dengan memasukkan ramuan yang dikehendaki.

>> Memasak mikro (microwave oven) adalah satu cara memasak tanpa menggunakan lemak.

(Team Dokter Pfizerpeduli.com)

Tabel Klasifikasi LDL dan HDL Kolesterol, Total Kolesterol dan Trigliserida

LDL (low-density lipoprotein) “Kolesterol jahat”
>> Kurang dari 100 Optimal
>> 100-129 Mendekati optimal
>> 130-159 Batas normal tertinggi
>> 160-189 Tinggi
>> Lebih dari 190 Sangat tinggi

HDL (High-density lipoprotein) “Kolesterol Baik”
>> Kurang dari 40 Rendah
>> Lebih dari 60 Tinggi

Total cholesterol (TC)
>> Kurang dari 200 Yang diperlukan
>> 200-239 Batas normal tertinggi
>> Lebih dari 240 Tinggi

Trigliserida (TGA)
>> Kurang dari 150 Normal
>> 150-199 Batas normal tertinggi
>> 200-499 Tinggi
>> Sama atau lebih dari 500 Sangat tinggi

KOLESTEROL HARUS DIKONTROL !

kolesterol yang tidak terkontrol akibatkan penyumbatan pembuluh darah

Kadar kolesterol harus dikontrol, kadar total kolesterol jangan lewat ambang standar yaitu 200 mg/dL, kadar trigliserida (TGA) kurang dari 150 mg/dL, kadar HDL harus tinggi yaitu lebih dari 50 mg/dL, dan kadar LDL jangan lebih dari 100mg/dL.”

Agar total kolesterol, LDL, TGA terkontrol, lakukan pengaturan makanan dan melakukan aktivitas. Pengaturan menu makanan ini berperan dalam membatasi jumlah kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh dapat menghasilkan kolesterol yang diperlukan di dalam tubuh yaitu oleh organ hati.

TIPS & KIAT CERDAS MENGENDALIKAN KOLESTEROL

Dari daftar makanan di atas, maka terlihat bahwa makanan yang enak-enak mempunyai kandungan kolesterol yang sangat tinggi.

Lalu bagaimana mengendalikan kolesterol yang sudah ada di tubuh Anda, berikut adalah cara untuk mengendalikan kadar kolesterol yang ada di dalam darah :

1. Mengetahui kadar kolesterol
Kadar kolesterol seseorang tidak boleh lebih tinggi dari 200 mg/dl dengan kadar LDL (kolesterol jahat) di bawah angka 180 dan HDL (kolesterol baik) di atas angka 40

2. Menjaga keseimbangan berat badan
Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah adalah mengurangi berat badan. Dengan mengurangi sekitar 2,5 – 4,5 kg berat badan juga dapat memperbaiki kadar kolesterol di dalam darah

3. Aktivitas fisik rutin
Olah raga secara rutin adalah salah satu cara mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Jenis olah raga ringan seperti jalan kaki bisa jadi pilihan untuk meningkatkan kadar HDL. Kegiatan olah raga ini bisa dilakukan selama 30 menit setiap hari, lima hari seminggu.

4. Lemak baik
Untuk menurunkan kolesterol Anda bisa menurunkan lemak dengan cara mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, contohnya selai kacang, minyak zaitun dan kanola, serta kacang kacangan

(anneahira.com)

Apabila anda telah positif di nyatakan mempunyai kadar kolesterol tinggi di dalam darah, tidak ada salahnya anda melakukan beberapi tips yang saya tulis ini supaya penyakit-penyakit lanjutan dari kolesterol tinggi ini bisa kita hindari. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tingginya kadar kolesterol LDL di dalam darah, merupakan penyebab penyakit arterioclerosis, jantung coroner, stroke, dll.

Inilah tips dari kami :

1. Tempatkan pola berfikir anda di tempat yang tepat. Hal ini sangat penting sebagai langkah awal untuk sukses atau tidaknya proses penyembuhan setiap penyakit. Anda harus sadar betul bahwa andalah yang ingin sembuh. Proses pengobatan berhasil berarti andalah yang akan merasakan enak, proses pengobatan menjadi gagal juga anda sendiri yang merasakan sakitnya. { Hal ini sangat penting untuk anda yang kurang disiplin dalam menghindari faktor pemicu terjadinya kolesterol tinggi dll nya }.

2. Konsumsilah makanan yang Halal dan Thoyib / Baik Kurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol, gorengan, lemak, dll. Ini makanya kenapa sampai Baginda Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wasallam mensabdakan makanlah makanan yang Halal & Thoyib. Karena faktanya memang yang halal belum tentu baik, dan yang baik belum tentu Halal. Contohnya bagi anda yang memiliki problem hypertansi misalnya, jangan berani-berani ambil resiko dengan berpesta sate kambing, sekalipun itu daging kambingnya Halal. Terkecuali kalau anda ingin mencoba menikmati sakit yang namanya stroke, na’udzubillahi min dzaaliik..!

3. Rajinlah melakukan olah raga. Hal ini penting banget karena penelitian menunjukkan aktifitas fisik yang di lakukan secara teratur, mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung sebanyak 50%, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik { HDL }yang membantu menetralisir kolesterol jahat { LDL } dari arteri anda. Perhatikan nich, buat anda yang males olah raga & kerjaannya menting-mentingin tidur melulu. Buat anda yang muslim langkah terbaiknya adalah anda mesti sholat subuh tepat waktu, terus di lanjutkan dengan aktifitas olah raga ringan. Bisa senam, jalan-jalan atau apa aja semampunya. Jangan malah ambil selimut and melanjutkan tidur lagi. Apalagi kalau jadwal sholat subuhnya di paksa mengikuti jadwal anda bangun, wahhh bisa celaka dunia akherat nich orang yang demikian.

4. Turunkan berat badan. Berat badan yang berlebih atau obesitas cenderung mengakibatkan tingginya kandungan trigleserida { semacam lemak } tinggi, sementara kadar HDL akan cenderung rendah. Bagi anda yang muslim ada rahasia sekali mengayuh dayung dua tiga pulau terlampaui nich. Mau tau,???? lakukanlah puasa daud atau puasa senin kamis. Tinggal niat anda saja yang harus di sesuaikan. Di Niatkan saja pokoknya mau menjalankan puasa sunnah gitu, jadi nanti pahalanya akan dapet dua, yakni pahala sunnah dapet, badan sehat juga dapet. Jangan cuma di niatkan supaya sehat, nanti kita gak dapet pahala puasa sunnah. Kenapa demikian, karena kata Alloh, Segala perbuatan baik akan di nilai dari niat awalnya./ innama a’malu binniat.

5. Periksa tekanan darah secara teratur. Menjaga tekanan darah idealnya 120/80. Tekanan darah yang tinggi menandakan adanya penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Tapi diagnosa ini jangan di balik yaa.??? Maksudnya bukan berarti kalau tekanan darahnya tidak tinggi berarti anda tidak ada kolesterol. Memang diagnosa penyakit bisa di deteksi dari tanda-tanda nya, tetapi hal itu tidak mutlak pasti begitu. 2+2=4 tapi bukan berarti 4 itu pasti 2+2.

6. Minum obat dari dokter atau Herbalis. Jika kerja keras anda seperti olah raga , diet, dan program penurunan berat badan yang anda lakukan ternyata belum bisa memberikan hasil yang optimal. Maka tidak ada salahnya kalau anda mengkonsumsi obat-obatan penurun kholesterol. Saya sarankan ada baiknya konsumsi yang alami saja karena lebih aman dan efek sampingnya sangat kecil.

7. Lakukanlah Terapi Bekam secara periodik (rutin & istiqomah). Kenapa begitu,…???? saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang hal ini. Saya tau anda saat ini sedang internet online. Anda bisa Mendapatkan info ini secara detail di artikel mengenal manfaat Terapi Bekam [SILAHKAN KLIK DISINI] di halaman ini juga.

(Cipadu Hilistik Centre)

Artikel ini disusun & diposting oleh PONDOK BEKAM THIBB AL-UMMAH untuk https://thibbalummah.wordpress.com/
Jika ingin mengcopy dipersilahkan dengan syarat tetap mencantumkan Sumber URL-nya: https://thibbalummah.wordpress.com/2011/03/18/wajib-baca-buat-yang-ingin-sehat-daftar-makan-berkolesterol/ atau https://thibbalummah.wordpress.com/category/terapi-herbals/

Tentang Admin

ALAMAT ADMIN : Jln. Letjend. Jamin Ginting KM.8 Gg.Gembira Bawah (Padang Bulan) Kwala Bekala - Medan Johor. Medan-Sumatera Utara e-mail : abujundi5medan@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Artikel Islam, Artikel Kesehatan, Kesehatan Umum, Realita Ummat, Terapi Herbal's, Tips Islami dan tag , , , , , . Tandai permalink.